Header Ads

Breaking News
recent

9 Tanda Bahwa Anda Manusia Muda dengan Jiwa Tua

Ada tempat istimewa untuk orang-orang yang merasa nyaman dengan kesendirian, bahkan sejak dirinya lahir. 


Dia menyendiri bukan karena dia antisosial, dia menyendiri karena dia telah tua. 
Hatinya, pikirannya, dan juga jiwanya telah tua dan matang. Dia adalah 'jiwa tua' yang merasakan betapa pandangan dan juga tanggapannya terhadap hidup berbeda dan lebih dewasa dari orang-orang di sekelilingnya. 

Sebagai akibatnya, orang berjiwa tua ini akan nyaman hidup di dalam jiwanya sendiri, nyaman terhadap keadaannya sendiri, sementara orang-orang di sekelilingnya berkumpul dan saling mengikuti untuk diterima dalam kehidupan sosial. 

Mungkin anda mengalami hal ini di dalam hidup anda. Mungkin juga anda mengenali orang yang seperti ini di dalam hidup anda. 

Jika benar demikian, artikel ini kami persembahkan untuk anda, dengan harapan bahwa anda dapat mengenali diri anda dan orang tersebut, serta mendapat pemahaman mengapa anda atau orang ini melakukan segala sesuatu dengan caranya masing-masing. 

"9 Tanda bahwa Anda Adalah Sang Manusia Berjiwa Tua" 


1#   Anda suka sendirian.
Karena orang-orang berjiwa tua tidak tertarik dengan hal-hal yang membuat orang-orang seumurannya tertarik, mereka memilih sendirian. Ketika orang-orang seumurannya membicarakan mengenai film kesukaan, orang-orang berjiwa tua lebih suka membicarakan mengenai hal-hal spiritual. Ketika orang-orang seumurannya suka bergosip, orang-orang berjiwa tua ini tidak tertarik sama sekali. Karena itu, mereka lebih merasa tenang ketika bertemankan kesendirian.
2#   anda mencintai ilmu pengetahuan, kebijaksanaan, dan juga kebenaran.
Terdengar membosankan dan terlalu baik? Mungkin. Tapi orang-orang berjiwa tua merupakan orang-orang yang secara natural tertarik pada hal-hal yang intelektual. Mereka mengerti bahwa ilmu pengetahuan merupakan kekuatan, kebijaksanaan merupakan pangkal kebahagiaan, dan kebenaran sejati merupakan kebebasan, jadi kenapa harus membohongi diri sendiri dan menghindari hal-hal itu? Mengejar ketiga hal ini jauh lebih penting bagi para manusia berjiwa tua daripada mencari tahu mengenai skor sepakbola, ataupun gosip selebriti masa kini.
3#   anda cenderung spiritual.
Para manusia berjiwa tua yang emosional biasanya sensitif dan spiritual. Mereka akan berusaha menekan ego mereka dan mencari pencerahan diri. Mereka juga tertarik untuk menyebarkan cinta dan perdamaian ke seluruh penjuru dunia. Bagi mereka, hidup lebih bermakna jika dihabiskan untuk hal-hal demikian. 

4#   anda mengerti transisi hidup. 

Orang-orang berjiwa tua banyak terganggu dengan kemungkinan kematian, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang-orang di sekitarnya. Hal ini membuat mereka waspada dan cenderug menarik diri, meskipun akhirnya mereka menginstropeksi diri mereka sendiri dengan bijak pada akhirnya. 

5#   anda pengertian dan instropektif.

Para manusia berjiwa tua banyak berpikir. Tentang segala sesuatu yang ada di alam semesta. Mereka merupakan guru yang dan penasehat yang hebat karena mereka cenderung memikirkan segala sesuatu dengan matang. Mereka juga memiliki berbagai macam pengalaman dan instropektif, membuat mereka jauh lebih bijaksana dari umur mereka yang sebenarnya.
6#   anda melihat gambaran utuh
Orang-orang berjiwa tua tidak akan panik dan stres dengan detail-detail dangkal mengenai kehidupan seperti mendapatkan gelar sarjana (yang pada akhirnya tidak terpakai), promosi pekerjaan, operasi plastik, dan televisi yang lebih besar di rumahnya. Mereka melihat masalah sebagai rasa sakit yang akan berlalu dan sementara, yang akan mengajarkan mereka pengalaman berharga untuk bisa merasakan kebahagiaan. 
7#   anda tidak materialistik.
Uang, status, ketenaran, iPhone... Itu semua hanya akan membuat orang-orang berjiwa tua ini bosan. Mereka tidak melihat tujuan utama dari mengejar barang-barang yang hanya sementara hadir di kehidupan mereka. Mereka-pun akan kehilangan ketertarikan terhadap hal-hal yang tidak permanen, yang tidak akan berkontribusi besar terhadap kehidupan mereka. 

8#   anda 'aneh' dan sulit beradaptasi ketika masih kecil.

Mereka biasanya mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang 'aneh' ketika masih kecil. Terlalu cepat dewasa, introvert, atau berontak. Biasanya, anak-anak ini sangat cerdas dan melihat hal sia-sia yang dilakukan guru/orang tua mereka, mereka akan menolaknya baik secara pasif maupun agresif. Jika anda melihat/mempunyai anak kecil yang bisa diajak bicara seakan dia adalah orang dewasa, anda mungkin memiliki anak kecil berjiwa tua.
9#   anda "merasa" tua.
Waspada akan dunia, letih secara mental, kesabaran, dan ketenangan. 
Sayangnya, hal ini disalahartikan sebagai menyendiri dan juga dingin oleh orang-orang di sekitarnya. 
Apakah kalian orang-orang berjiwa tua? Silakan ceritakan kisah kalian di kolom komentar :) Saya akan dengan senang hati mendengarnya.

Sumber : http://lonerwolf.com/9-signs-youre-an-old-soul/

34 comments:

  1. sepertinya sebagian besar ciri2 tsb asa di ane gan

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. berarti agan manusia dengan jiwa yang udah tua :) udah beberapa kali reinkarnasi di bumi.
    Good for you gan, agan bisa jadi salah satu agen penyebar cinta dan kedamaian di bumi ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane udah pernah baca tentang ini sebelumnya gan di blog terjemahan kaya ini juga.

      btw salam kenal gan ane yg kemaren di kaskus itu.

      Delete
    2. Haha gitu ya gan :)

      oh oke gan, thanks udah comment. salam kenal juga!

      Delete
  4. ngena banget gan ke ane, btw apa ini masuk ke ilmu filsafat ? lalu maksud dari yang ente bilang vibrasi kecil blabla berkomunikasi dengan malaikat, dibutuhkan ketenangan, kesunyian agar mendapatkan getaran.. ya contohncontohnya yang sudah" bertapa di gua" .. dan
    yakinkan ane sehingga ente bisa ngomong "udah beberapa kali reinkarnasi di bumi.
    Good for you gan, agan bisa jadi salah satu agen penyebar cinta dan kedamaian di bumi ini :)" .. ane punya pertanyaan Apakah ente punya mental yang Percaya diri ? apa ente suka merenung ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane percaya diri. Dan ane suka merenung.
      Ane ga bisa ngasih bukti untuk sekarang ini karena ane masih dalam proses pencarian gan, tapi satu hal yang pasti. Ane selalu ngerasa nggak fit di bumi ini, selalu ngerasa 'bukan ini tempat ane.' dan ketika ane ngeliat bintang, ada perasaan rindu. Kayak kangen rumah.
      Ane bakal cari lagi gimana jawabannya, dan untuk sekarang ini, cuma informasi ini yang bisa ane kasih.
      Nanti di postingan berikutnya mungkin ane bisa tulis ciri2 origin manusia (dari mana aja).
      Thanks :)

      Delete
  5. Saya inmasp yg edan di forsup nusantara aratnasun ternyata ini to
    makasih gan tulisanya

    ReplyDelete
  6. Agan TS, bagaimana cara saya menghubungi anda ? saya ingin menanyakan bbrpa hal, kalau tidak keberatan, agan boleh email ke saya duluan di kim888.property@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Agan TS, bagaimana cara saya menghubungi anda ? saya ingin menanyakan bbrpa hal, kalau tidak keberatan, agan boleh email ke saya duluan di kim888.property@gmail.com

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Kita telah ada sebelum kita ada.. bagaimanapun berubah dan berkembangnya materi, kita tetap sama jk kita sadar, energi adalah kekal, waktu adalah ilusi.. begitulah kita, sama dengan alam semesta dari awal sampai dengan akhir.

    ReplyDelete
  10. Kita telah ada sebelum kita ada.. bagaimanapun berubah dan berkembangnya materi, kita tetap sama jk kita sadar, energi adalah kekal, waktu adalah ilusi.. begitulah kita, sama dengan alam semesta dari awal sampai dengan akhir.

    ReplyDelete
  11. Jiwa tua di badan yg masih muda, ehm, entah lah saya termasuk di dalam nya apa tidak, yg pasti saya percaya ada org org yg berkiran tua di badan ug muda
    Terima kasih atas artikelnya

    ReplyDelete
  12. Jiwa tua di badan yg masih muda, ehm, entah lah saya termasuk di dalam nya apa tidak, yg pasti saya percaya ada org org yg berkiran tua di badan ug muda
    Terima kasih atas artikelnya

    ReplyDelete
  13. Ingat twin flame?
    Smw yg kembar akan dpertemukan.kembar dlm apapun.terutama spiritual.akan ada magnet yg menarik dan mengumpulkan orang"yg sama.

    ReplyDelete
  14. bisakah kita membuat komunitas manusia spiritual jiwa yg tua di tubuh yg muda akhirnya saya tidak merasa ssndiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ide yang bagus gan robby. saya juga sebenarnya ada kepikiran kayak gitu, mungkin lewat facebook atau twitter. Kalau mau berkumpul dan berdiskusi, bisa add twitter/facebook serenity hidup dan nanti kita bicarakan lagi ya bagaimana mengumpulkan orang-orangnya :) thanks

      Delete
  15. saya tak yakin kalau saya berjiwa tua, karena saya sering merasa jatuh karena ketidak mampuan saya untuk melaksanakan kewajiban saya. namun disisi lain ada beberapa hal seperti diatas yang termasuk diri saya, seperti introvert.

    ReplyDelete
  16. halo agan car, artikel yang sangat menarik. saya pribadi ingin bertanya gan, secara garis besar ciri2 diatas sebagian besar sama dengan diri ane, cenderung menyukai kesendirian dan kesunyian, merenung, menyukai kebijaksanaan dan pengetahuan ketika initerlihat ketika menbaca buku atau mendengarkan apapun yang berkaitan dengan spiritual dan fislsafat jiwa ane serasa lebih senang? kenyang? sayapun sendiri agak susah menjelaskanya yang jelas ada perasaan excited. namun ada sedikit kendalah yang ane alami klo berkenan ane ingin minta saran, terjadang sifat seperti diatas membuat saya seakan2 asing atau berbeda dari teman2 ( saya mahasiswa )kadang teman saya melihat saya sebagai orang yang aneh walau hanya sebagian, sebaiknya saya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya mas car saya kelupaan, saya juga berfikir bahwa materi buka suatu tujuan dan hanya sbg perantara saja selama berada di tubuh materi ini, sering kali saya berfikir mengapa saya ada disini ? untuk apa dan tujuanya apa ?, apakah dengan ciri2 diatas ditambah dengan yang ini seperti yang ssaya sebutkan menandakan bahwa jiwa saya tua?

      Delete
    2. Dear agan Irves, terimakasih atas pertanyaannya :)
      Kalau dari ciri-ciri yang agan bilang, besar kemungkinan agan Irves merupakan salah satu petualang dengan jiwa dewasa atau jiwa tua.
      (coba baca ciri-ciri jiwa dewasa untuk keterangan lebih lanjut).

      Agan mulai merasa excited dengan ilmu2 yang mendalam karena memang agan mulai mengerti esensi kehidupan, kehidupan material yang bisa dengan mudah diambil dari agan nggak lagi bikin agan tertarik (meskipun ada, jumlahnya kecil).

      Yang agan sebaiknya lakukan adalah mulai jujur ke diri agan sendiri, lakukan pencarian jati diri. Terjun ke hal-hal spiritual dan prakteknya, mungkin meditasi untuk meraih ketenangan, dsb.
      Agan bisa jadi disini untuk belajar menerima diri agan apa adanya, tanpa harus peduli sama 'apa kata orang'. Validasi dari pihak luar itu nggak penting, hati agan lah yang paling tahu, dan belajar untuk menghargai pendapat dan hati agan sendiri.

      Pelajari 'unconditional love', menerima dan memberi cinta tanpa syarat ke apapun dan siapapun, termasuk diri agan sendiri.
      Terima dan cintai diri agan sendiri, meskipun nggak semua orang bakal mencintai agan.

      Demikian semoga membantu :)

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Boleh dong bikin komunitas nya saya juga udah 3 tahun ini berperilaku 'antisosial'/menyendiri dimana sebenarnya itu pendalaman spritual namun org lain beranggapan berbeda,, jiwa saya bebas, selalu ingin mempelajari apapun yg Tuhan ciptakan di bumi dan alam raya baik baik secara syariat, hakekat atau makrifat, haus akan ilmu pengetahuan membuat kita berbeda dengan orang 2 seusia kita,, kadang dianggap aneh karena berbeda dengan mereka,

    ReplyDelete
  19. Bberapa ciri diatas ada yang gw miliki. Tapi apakah mungkin seseorang yang jiwanya tua tidak begitu cerdas kaya gw? :v .

    ReplyDelete
  20. Orang yang berjiwa tua di anggap aneh oleh orang2 sekitar

    ReplyDelete
  21. Saya yakin semua yang tertarik ke artikel ini adalah satu frekuensi.

    ReplyDelete
  22. Saya yakin semua yang tertarik ke artikel ini adalah satu frekuensi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul wlupun sy hnya mnyimak. Ini energi...terkoneksi

      Delete
  23. Saya semua nya ada Gan, makanya bisa sampai ke Artikel ini 😂
    Tp saya blm bisa memahami jiwa saya yang dulu

    ReplyDelete
  24. Udah ada yg bikin komunitas nx belum neh?? Ayook bikin... via whatsapp atau facebook pliss...

    ReplyDelete
  25. semua ciri ciri di atas ada di dlm diri saya.

    ReplyDelete
  26. Ya, Tuhanku pemegang seluruh jagat semesta alam, jika semua sifat yg dituliskan penulis ada pada diri ini, entah apa yang menjadi rencana dan tujuanmu bagi hidup ini? Jika jiwa ini tumibal lahir, entah apa kesalahan yg kuperbuat dimasa lalu?

    Sifat dan kelakuan yg berbeda dari kebanyakan hamba-Mu ini Membuatku berbeda pemikiran, pemahaman, dan sikap utk diterima di kehidupan sosial. Beri petunjukmu agar jiwa ini mampu menjalani hidup yg damai, bermanfaat,dan apa adanya.

    ~ itulah penggalan kata yg menjadi doaku dr sifat jiwa ini 😭😭😭

    ReplyDelete

Powered by Blogger.