Header Ads

Breaking News
recent

Apa itu Empath? 25 ciri-ciri seorang Empath.


Apa itu Empath?
Menjadi seorang empath merupakan hal yang tidak mudah. Anda harus bisa berkoordinasi dengan baik dengan tubuh anda sendiri karena anda akan sangat mudah terpengaruh akan energi dari orang lain. 
Hidup anda tanpa sadar dipengaruhi oleh keinginan, harapan, pikiran, dan juga mood orang lain. 
Menjadi seorang empath dapat membuat anda sangat sensitif, baik secara fisik maupun spiritual. Anda juga akan bisa mengetahui motivasi dan tujuan orang lain dengan otomatis. 
Empath merupakan karakteristik yang sudah terkoneksi dengan diri anda, jadi anda tidak bisa mempelajarinya. 
Anda tidak bisa memilih menjadi empath, atau bukan empath.
Empath terbuka untuk menerima energi dan juga pikiran dari orang lain, dan ini berarti, anda akan dengan mudah merasakan energi mereka, bahkan kebingungan membedakan antara energi mereka dengan energi anda sendiri. 
Anda dapat tiba-tiba merasa emosi ketika orang di sebelah anda marah, padahal anda sendiri sedang tidak merasakan hal itu. Anda juga dapat merasakan dengan jelas ketika orang di sekitar anda sedang kesal kepada anda. 
Banyak empath yang mengalami kelelahan kronik, sensitivitas terhadap lingkungan, atau sakit yang tidak bisa dijelaskan setiap hari. Hal ini anda rasakan karena anda bisa menyerap emosi, perasaan, dan juga pikiran dari orang-orang di sekitar anda, membuat anda harus merasakan hal yang dirasakan oleh beberapa puluh orang sekaligus.
Para empath biasanya adalah orang-orang yang pendiam. Mereka sulit menerima pujian karena mereka lebih berfokus pada kelebihan orang lain. Mereka juga sulit membicarakan perasaan mereka sendiri ketika orang lain menanyakannya. Namun demikian, mereka adalah pendengar yang baik.
Mereka juga bisa menjadi seseorang yang sangat berkebalikan dari itu : tidak responsif dan juga terkesan acuh tak acuh. Hal ini terjadi karena mereka mencoba memblok orang lain dari kehidupan mereka, dan ini merupakan hal yang bisa dimaklumi, mengingat kelelahan yang mereka rasakan ketika mereka 'terbuka' dengan orang-orang di sekitar mereka. 
Empath memiliki kecenderungan untuk mengabaikan keinginan diri mereka sendiri, dan hal ini membuat mereka menjadi seseorang yang 'people pleaser' (menyenangkan orang lain tanpa mempedulikan kebutuhannya sendiri.). Seorang empath harus belajar untuk lebih tegas dan menghindarkan dirinya dari dimanfaatkan oleh orang lain. 
*
Para empath biasanya sensitif terhadap TV, video, film, berita, dan juga broadcast. Kekerasan dan juga drama yang emosional dapat membuat para empath menangis dengan mudah. Pada saat-saat tertentu, mereka dapat merasakan penderitaan yang sangat nyata, meskipun hal ini hanya terjadi di televisi. Mereka tidak bisa mengerti mengapa seseorang bisa melakukan hal-hal yang sangat tidak berperikemanusiaan dan jelas-jelas kejam. 
Anda bisa menemukan empath bekerja dan membantu baik manusia, hewan, maupun lingkungan dengan semangat dan dedikasi yang nyata. Mereka biasanya adalah guru, aktivis/pelindung lingkungan, psikolog, dan berbagai profesi yang memberikan service kepada sesama. 
Seorang empath biasanya adalah seorang pencerita yang baik, karena imajinasi mereka yang sangat luas. Ketika mereka mendengarkan musik, mereka juga bisa terpengaruh dengan begitu mudah oleh musik yang mereka dengarkan, membuat mereka disarankan untuk tidak sering-sering mendengarkan musik dengan lirik sedih. 
Orang-orang akan secara otomatis tertarik dengan seorang empath. Hal ini disebabkan karena empath adalah seseorang yang hangat dan penuh kasih sayang, serta tulus. Bahkan orang tidak dikenal sekalipun dapat dengan otomatis berbagi kisah pribadinya dengan seorang empath karena alam bawah sadar mereka tahu bahwa orang ini akan mendengarkan mereka dengan seksama, serta dengan sepenuh hati membantu mencarikan solusi. 
Mereka adalah para pendengar dari hidup. Mereka dapat menjadi seseorang yang cerita, antusias, dan gembira serta humoris pada saat-saat yang tidak biasa! Namun demikian, mereka adalah orang yang sangat rentan akan mood swing. 
Pikiran dan perasaan yang diterima oleh empath dari berbagai sumber dan lingkungan di sekitarnya, membuat mereka tidak bisa ditebak. Mereka bisa merasa bahagia dan sangat ceria pada satu waktu, namun beberapa menit kemudian berbalik 180 derajat menjadi menyedihkan.
Para empath biasanya adalah pemecah masalah, pemikir, dan juga suka belajar berbagai hal. Saat seorang empath mencurahkan pikirannya pada sesuatu, ia akan bekerja dan belajar tanpa henti sampai mendapatkan jawabannya. Hal ini tentunya dapat menguntungkan orang-orang di sekitarnya. Para empath dapat dengan mudah mendapatkan bimbingan dari alam semesta saat mereka benar-benar mengarahkan pikirannya pada sesuatu. 
Para empath merupakan orang-orang pemimpi dan mereka seringkali kesulitan melakukan hal-hal dangkal/biasa sehari-hari. Ketika hidup tidak memberikan stimulasi pada mereka, mereka cenderung lari dan lebih memilih untuk masuk ke dalam dunianya sendiri. 
Di bawah ini adalah 25 karakteristik yang biasa dimiliki seorang empath. 
1. Tahu. Empath tahu begitu saja hal-hal yang terjadi, tanpa harus diberitahu. Hal ini biasanya mereka dapatkan dari intuisi mereka dan semakin mereka menyeimbangkan diri, intuisi mereka akan semakin kuat. 
2. Berada di tempat umum membuat mereka kesulitan : mall, supermarket, stadium, dsb merupakan tempat-tempat yang dipenuhi dengan orang-orang dan empath dapat merasakan emosi-emosi campuran dari orang-orang tersebut.
3. Merasakan emosi orang lain dan mengira emosi itu adalah emosi mereka sendiri. Hal ini merupakan hal yang sangat menyulitkan bagi empath. Terkadang mereka bisa merasakan emosi orang-orang yang dekat, terkadang mereka bisa merasakan emosi orang-orang yang jauh sekalipun! 
Empath akan bisa merasakan ketika orang lain mempunyai pikiran buruk tentang mereka, bahkan dari jarak jauh.
4. Menonton kekerasan, kekejaman, atau tragedi di televisi akan menjadi sesuatu yang sangat sulit ditahan oleh empath. Mereka biasanya memutuskan untuk berhenti menonton TV atau membaca koran.
5. Mereka tahu ketika seseorang tidak jujur. Jika seorang teman atau relasi anda berbohong, anda akan mengetahuinya. 
6. Mereka bisa merasakan rasa sakit yang dirasakan oleh orang-orang yang mereka cintai. Sakit, infeksi, dan juga demam merupakan hal-hal yang bisa dirasakan oleh seorang empath.
7. Mereka cenderung mengalami pencernaan yang tidak normal dan juga masalah pada tulang punggung bagian bawah.
8. Selalu melindungi orang-orang yang menderita. Orang-orang yang sedang sakit secara emosional, atau sedang dibully, selalu menjadi orang yang didekati oleh para empath dengan penuh kasih sayang. 
9. Orang lain dapat menceritakan masalah-masalah pribadinya kepada mereka, dan hal ini dapat menyebabkan para empath kesulitan membedakan masalah orang lain dengan masalah mereka sendiri.
10. Kelelahan yang berkepanjangan. Empath sering kehabisan energi, baik dari para 'vampir energi' atau menjadi spons emosional orang lain. Tidur terkadang tidak cukup untuk mengobati kelelahan ini.
11. Kepribadian yang penuh dengan kecenderungan untuk menjadi seorang pecandu. Seorang empath biasanya juga berusaha melindungi diri mereka dari emosi orang lain dengan cara yang salah, misalnya mengkonsumsi alkohol, narkoba, seks, atau makanan secara berlebihan.
12. Kreatif. Dari mulai menyanyi, menari, akting, menulis ataupun melukis, empath biasanya memiliki daya kreativitas yang tinggi.
13. Cinta alam dan juga hewan. 
14. Membutuhkan kesendirian. Seorang empath akan menjadi 'gila' jika mereka tidak mendapatkan waktu untuk diam dan merenung. Hal ini merupakan kebutuhan penting bagi mereka.
15. Mudah bosan saat tidak distimulasi. Pekerjaan, sekolah dan kehidupan di rumah harus menarik agar seorang empath tidak 'switch off' dan berakhir dengan melamun, atau mencoret-coret gambar.
16. Mereka sangat sulit melakukan hal-hal yang tidak mereka sukai karena merasa bahwa mereka hidup dengan kebohongan ketika melakukan hal tersebut. Hal ini banyak membuat para empath dilabeli sebagai orang yang malas karena mereka cenderung tidak mau melakukan hal-hal yang mereka anggap tidak menarik.
17. Jujur. Hal ini akan menjadi kunci utama ketika mereka bertambah dewasa dan mengenal diri mereka sendiri. Seluruh hal yang tidak jujur/benar akan terasa salah untuk dilakukan dan mereka tidak akan melakukannya. 
18. Selalu mencari jawaban dan juga ilmu pengetahuan. Memiliki pertanyaan tanpa jawaban merupakan hal yang membuat para empath frustasi. Mereka akan melakukan apapun untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang selama ini mereka cari-cari. 
19. Menyukai tantangan, kebebasan dan travelling. 
20. Suka melamun : seorang empath bisa menatap langit-langit hingga berjam-jam di dunia mereka sendiri dan merasa sangat bahagia.
21. Rutin, peraturan, dan juga kontrol dapat membuat mereka merasa terpenjara. Hal apapun yang mencuri kebebasan mereka akan sangat mengganggu bagi mereka.
22. Biasanya mereka adalah orang-orang yang overweight/overeating. Kelebihan berat badan ini merupakan salah satu cara untuk membuat energi negatif terblok dari diri mereka.
23. Pendengar yang baik. Seorang empath tidak akan membicarakan dirinya sendiri kecuali kepada orang yang benar-benar mereka percaya. Mereka suka belajar dan mengetahui hal-hal tentang orang lain dan biasanya mereka benar-benar peduli.
24. Tidak toleran terhadap kesombongan. Meskipun baik dan juga sangat toleran kepada orang lain, seorang empath biasanya tidak suka berada di sekitar orang yang terlalu egois, yang meletakkkan diri mereka sendiri di atas orang lain tanpa memikirkan perasaan orang lain. 
25. Bisa terlihat moody, pemalu, penyendiri, atau tidak terhubung dengan orang lain. Hal ini tergantung dengan perasaan yang sedang mereka rasakan. Mereka dapat dengan mudah mengalami mood swing dan jika mereka sedang merasa negatif/mendapat begitu banyak energi negatif, mereka akan memilih menyendiri dan terlihat menyedihkan.
Jika anda dapat mengenali diri anda sendiri dari ciri-ciri diatas, anda adalah seorang empath. 

33 comments:

  1. Apa kebaikan dan keburukan orang2 empath

    ReplyDelete
  2. Apa kebaikan dan keburukan orang2 empath

    ReplyDelete
  3. Apa kebaikan dan keburukan orang2 empath

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai jacky,, saya disini hanya membantu sedikit ya selagi gan car rextiza lagi off..
      Seorang empath adalah orang yg susah ditebak, karena dia mudah terinterfensi oleh lingkungan. Bukan hanya lingungan sekitar, tapi juga lingkungan yg tak kasat mata. Seperti energi alam, medan elektromagnetik alam, dll. Saya sendiri tidak suka menyebut kebaikan dan keburukan. Saya pribadi tidak suka dualisme karena menurut saya itu bisa memecah belah manusia. Kembali lagi ke empath. Karena secara alami mereka mengalami hyper sensitifitas terhadap segalanya, bahkan energi yg sangat kecil sekalipun, membuat mereka menjadi pribadi yg memiliki hidup cukup sulit. Banyak diantara mereka yg introvert karena hal itu. Saya sendiri bukan empath meskipun ada beberapa ciri2 diatas ada pada saya. Sekarang hanya tinggal seberapa dewasa jiwa mereka untuk menerima takdir mereka sebagai empath. Beberapa dari empath yg memiliki jiwa muda cenderung mengalihkan pikiran mereka. Saat mereka tertekan mereka akan mengalihkan pikiran mereka dengan hal2 negatif. Tetapi jika seorang empath memiliki jiwa tua (old soul) mereka cenderung tidak mengabaikan pikiran mereka, bahkan menjadi orang yg sangat bijaksana.

      Semoga membantu. Cmiiw ya :)

      Delete
    2. Semua ada di aku ciri2nya. Untungnya aku termasuk org yg berjiwa tua.sempat kearah yg negatif tp aku cpt tersadar, krn itu tdk ada gunanya. Aku lbh suka menyendiri dan meditasi saat byk energi negatif datang, yg membuatku tiba2 saja merasa sgt lelah.

      Delete
  4. Ok terima kasih fikri atas penjelasannya.

    ReplyDelete
  5. Ok terima kasih fikri atas penjelasannya.

    ReplyDelete
  6. Ada beberapa poin diatas pada diri saya pribadi. Apakah seorang empath harus memiliki semua poin tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai gan Donny, saya disini cuma bantu dikit yah.. Empath pada dasarnya adalah orang yang memiliki hypersensitifitas terhadap alam, lingkungan, dan orang lain. Saya sendiri juga ada beberapa ciri diatas, tapi saya bukan empath. Saya pernah ngobrol dengan salah seorang empath, hidupnya sebagai empath sangat berat karena sensitif terhadap orang lain sehingga di harus menekan rasa sensitifnya tersebut dengan sesuatu. Ciri yang paling penting untuk seorang empath adalah sensitifitas. Seberapa tinggi sensitifitasmu terhadap emosi orang lain, terhadap getaran dan energi alam, dll. Yang bisa menjawab anda empath atau bukan adalah diri anda sendiri. Look inside your self deeper. Itu kata seorang empath kepada saya. Semoga membantu :)

      Delete
    2. Hey gan Donny, gan jacky dan gan fikri :)
      Thanks untuk pertanyaannya. Iyakk betul sekali apa yang dibilang sama agan Fikri, terkadang menjadi seorang empath itu ga mudah, dan hal ini karena empath sangat sensitif terhadap lingkungannya. Sangat mudah terpengaruh, baik dari sisi energi, mood, vibrasi dari orang-orang di sekitarnya.
      ada beberapa macam empath juga sebenarnya, empath yang berjiwa tua biasanya lebih membiarkan 'anugerah' itu mengalir di dirinya. Kalau dia sedang merasakan kemarahan orang lain, dia akan mengenalinya dan memilih untuk nggak terpengaruh.
      Kalau empath berjiwa muda, karena dia masih belajar untuk mencapai keseimbangan, biasanya dia lebih menyembunyikan kesensitifannya, bahkan dari dirinya sendiri.
      Dia bakal 'pura-pura' nggak merasakan apapun. kalau udah sulit dibendung, biasanya dia akan cenderung depresi.

      Gan Fikri, thanks ya udah mau bantu jawab sementara saya off :)

      Delete
  7. halo. semua ciri-ciri dan semua yg dijelaskan di atas merefleksikan diri saya. ya, semuanya. saya empath, baru mengetahuinya beberapa bulan lalu saat mengalami kebangkitan spiritual yg sakitnya luar biasa. saya juga old soul dan cenderung spiritual. sejauh ini saya sudah memaklumi keadaan saya seperti ini, lalu bagaimana dgn lingkungan/keluarga saya? sulit membuat mereka memahami krn ketika saya coba jelaskan mrk seakan anggap saya bicara omong kosong. kemudian, pd akhirnya saya yg memaklumi mengapa mrk belum bisa paham. saya hidup di lingkungan yg cukup 'toxic' bagi diri saya yg sering membuat saya sakit bahkan sampai sakit fisik yg tidak bisa dijelaskan penyebabnya. saya sgt khawatir ini menjadi penghambat masa depan saya meraih tujuan krn saya yg menjadi sgt menutup diri dan terpaksa memblok berbagai hal yg membebani saya. saya juga sering tidur dgn durasi yg cukup lama utk menyembuhkan kelelahan yg datangnya entah dari mana. ini sangat menyita waktu yg seharusnya saya gunakan utk melakukan hal yg produktif. saya pun sering dicap malas dan rakus krn, benar, saya melampiaskan diri dgn makan banyak saat emosi sdg tidak stabil. mendapat kritikan salah yg mematikan semangat pun kemudian membuat saya berlama-lama sedih meratapi diri saya yg mau tidak mau terlahir sbg empath. sungguh hidup seorang empath jd serba salah, hahaha. sebelum curhat ini jadi lebih dalam, saya mau bertanya. di Indonesia, adakah support group kalangan empath untuk berbagi? terimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, saya juga mengidentifikasi diri saya sebagai seorang empath, namun saya juga mengalami kesulitan dalam menyerap energi orang negatif sekitar saya, mungkin di Indonesia belum ada support bagi kalangan kita, tapi bukan berarti kita hanya berhenti sampai saat ini saja, tetap ingatlah walaupun kelihatannya kita merasa kesepian, kalangan kita tetap ada dalam masyarakat dimana pun kita hidup, tetaplah ingat bahwa anda tidak sendirian dalam mengalami ini

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Saya juga empath, tp lagi mencoba hidup balance,

      Delete
    5. Saya juga empath, tp lagi mencoba hidup balance,

      Delete
  8. Siang mas,
    Saya yohanes/zafran di bandar lampung
    Saya membaca tulisan mas di blooger tadi tentang the empath,
    Dan 25 ciri-ciri diatas 23 nya menunjukan sifat saya.
    Saya dapat merasakan kesedihan seseorang hanya dengan berada didekatnya walau orang itu tidak bercerita apapun, saya bisa merasakan jika seseorang memiliki perasaan tidak suka saat saya berada didekatnya dan kadang perasaan itu membuat saya tidak nyaman, dan bahkan saya bisa merasakan seseorang menyimpan perasaan suka kepada orang lain saat orang itu berada di dekat saya, bahkan terkadang perasaan-perasaan itu membuat saya kebingungan.
    Saya bisa merasakan berbagai perasaan, jika orang-orang didekat saya merasa semangat saya akan menjadi bersemangat namun jika orang-orang didekat saya sedih saya juga akan merasakan sedih.
    Saya orang yang paling sulit mengatakan tidak, karna merasa orang lain akan terluka jika saya menolak, namun semakin dewasa saya semakin memberanikan diri mengatakan tidak pada orang lain.
    Saya suka menyendiri karna dengan begitu saya merasakan ketenangan, kadang di tempat keramaian membuat saya kelelahan dan berkeringat jika sudah begitu saya harus duduk dan menepi sementara waktu, jika dikeramaian awalnya saya akan merasa perasaan yang sangat bersemangat namun tiba-tiba perasaan itu akan menurun sampai titik teresktrim.
    Saya adalah pendengar yang baik, begitu banyak rahasia teman-teman saya yang di ceritakan kepada saya, mereka bilang nyaman saat bercerita dengan saya karna saya adalah orang yang bijaksana.
    Saya juga kadang menjauhin perasaan asmara.
    Saat melihat luka saya merasakan ngilu ditubuh saya juga,
    Dan saat stress saya melampiaskan dengan makanan yang banyak.
    Dan 1 hal lagi yang membuat saya benar-benar bingung,semakin dewasa sekarang saya dapat menyalurkan perasaan emosional melalu perkataan saya terhadap orang lain mba, sehingga terkadang orang-orang itu mengikuti keinginan saya, kemampuan menyalurkan perasaan emosional ini akan dengan mudah saya lakukan ketika saya merasakan perasaan yang sangat bersemangat.
    Tapi saya merasa semakin banyak saya merasakan perasaan negatif semakin buruk hari saya, jadi kadang saya mengabaikan setiap perasaan yang saya rasakan, walau dengan mengabaikannya perasaan itu ttp masuk dengan sendirinya.
    Bahkan saya suka kebingungan mas, membedakan perasaan saya dan perasaan orang lain.
    Dengan ini apakah saya seorang the empath mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake nanya lagi, baca lg bang artikelnya ...

      Delete
    2. Pake nanya lagi, baca lg bang artikelnya ...

      Delete
  9. Thanks atas blognya, dari dulu saya mencari tahu tentang diri saya sendiri. Saya bukan seorang ekstrovert tp juga bukan seorang Introvert. Baru tahu di blog ini bahwa ada type manusia empath dan ini sangat sesuai dengan keadaan saya sekarang. Kelelahan yang berkepanjangan.



    Empath sering kehabisan energi, baik dari para 'vampir energi' atau menjadi spons emosional orang lain. Tidur terkadang tidak cukup untuk mengobati kelelahan ini.


    Klo boleh tahu energi vampire itu apa?

    ReplyDelete
  10. terimakasih atas penjabarannya. saya kira saya itu aneh, karena bisa menangkap sinyal emosi orang lain walaupun mereka tidak bilang apa-apa pada saya. dan saya ternyata termasuk empath. dari semua ciri2 diatas semuanya ada pada saya.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih..ini menjawab pertanyaan saya..

    ReplyDelete
  12. Apa bedanya empath sama indigo ya? Mohon berkenan dijelaskan...

    Saya memiliki ciri2 dari emapath dan indigo. Tetapi krn sy seorang old soul, cenderung lebih tenang dan bisa mengontrol diri.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  13. Wah, ternyata manusia aneh bukan cuma saya saja, hehe maaf sy baru tau klo sy ini empath, klo boleh min serenity, bikin artikel tentang empath lebih banyak lg, spya nambah ilmu

    ReplyDelete
  14. Wah, ternyata manusia aneh bukan cuma saya saja, hehe maaf sy baru tau klo sy ini empath, klo boleh min serenity, bikin artikel tentang empath lebih banyak lg, spya nambah ilmu

    ReplyDelete
  15. Pernah sampe dikira punya kepribadian ganda sama temen kuliah gegara mood yang tiba2 berubah ��

    ReplyDelete
  16. Ternyata saya tipe empath.. . Dari 25 ciri ada di saya semua...

    ReplyDelete
  17. 25 ciri ada semua di saya.... Bahagia juga... senang mengetahui,ada juga yg spt saya di luar sana

    ReplyDelete
  18. apa empath bisa di hilangkan?
    jika bisa bagaimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sepertinya sudah ditakdirkan untuk membantu orang2 , menyerap energi negatif mereka gan,
      Mungkin ini anugerah 😂

      Semangat gan menjalani hari2 sebagai empath ❤️

      Delete
  19. Aku baru 2 hari menyadari bahwa aku seorang empath.
    Saat tidak sengaja lihat postingan orang tentang ciri2 empath.

    Pantas aja ku sering lelah sepanjang hari, dan macam2 emosi yg tercampur, terkadang sampai pusing sekali.

    Ku masih ga phm cara menyerap energi negatif orang lewat mana dan bagaimana,

    Ku cuma ingin menyerap energi negatif orang yg benar2 membutuhkan.

    Apa bisa begitu min?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.